astryanir09's blog

Pola makan sehat buat mahasiswa aktif..!NYATANYA??

December1

Buat para mahasiswa aktif kaya kita nih, sehat tuh penting baget!Bayangin deh kalo gak sehat kita gak bakalan bisa belajar bener, laporan terbengkalai, paling yang lancar tuh cuma tidur doang.

katanya sih sehat itu berawal dari makanan, makanya nih aci kasih beberapa saran bikin pola makan yang bener biar kita tetep sehat..!tapi masih ragu nih bisa di jalanin apa nggak..

1. Makanlah sesuai waktunya

Makan tiga kali sehari dengan cemilan di antaranya adalah cara terbaik untuk mempertahankan berat badan dengan sehat. Kalau kamu melewatkan sarapan atau makan malam, kamu justru akan lebih kelaparan dan cenderung makan lebih banyak dengan makanan yang tidak sehat. Tapi kenyataannya?gak tiap hari bisa sarapan..,giliran mau sarapan gk ada yang bisa dimakan, maklum lah anak kosan..anak kosan males pula!giliran mw beli makan,ibu2 jualannnya belom ada…,yawda sarapan dijadiin makan siang bahkan makan malem.

2. Biasakan membawa bekal

Selain menghemat uang jajan, membawa makan siang dari rumah akan menghemat waktumu dengan tidak perlu mengantri di outlet makanan dan tentunya gizi yang terkandung sangat baik karena makanan yang dibuat sendiri.Nyatanya?boro-boro bawa bekal,bisa masak juga nggak..liat dapur juga ogah.

3. Pilih makanan yang dipanggang atau direbus, bukan digoreng

Dibandingkan makanan yang dipanggang atau direbus, makanan yang digoreng mempunyai 50% kalori atau lemak lebih banyak.Nyatanya?orang di ibu2 tukang nasi adanya itu,,telor goreng,tempe goreng,ayam goreng,gorengan..yawda adanya kaya gitu,,sikat ajah!

4. Kurangi fast food

Makan sekali-sekali boleh, tetapi jaga porsinya dan hindari fast food berukuran besar. Kalori dalam fast food berukuran besar akan ditumpuk menjadi lemak dan mengakibatkan naiknya berat badan2. Kebanyakan fast food juga kaya akan lemak jenuh, gula, garam, dan kurang nutrisi penting vitamin dan mineral.Nyatanya??bisa ditebak sendiri deh..

5. Mengemil dengan sehat

Salah satu cemilan sehat adalah buah dan sayur. Selain kaya serat, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kamu. Supaya tidak bosan, variasikan dengan yogurt buah, jus, atau salad.

6. Makan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang

Selain karbohidrat (nasi, roti, pasta), juga konsumsi protein (daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak), lemak (ikan, kacang, salad dressing rendah lemak, alpukat), juga buah dan sayur dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.Nyatanya??Makan siang bisa makan nasi,perkedel,mie goreng…

7. Hindari soft drink

Minuman ini tidak mengandung vitamin, mineral, protein atau serat. Daripada minum soft drink dengan hanya mendapatkan asupan karbohidrat, lebih baik minum susu dengan kandungan nutrisi yang lebih beragam, terutama nutrisi kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.Nyatanya?mungkin kalo yang ini agak bisa ditanganin,soalnya jarang2 kan beli soft drink..,ya itu sih gara2 duitnya kagak ada…!hahaha.

posted under Academic | No Comments »

tugas penkom….

November28

Kenapa memilih AGH??

Semua jawaban dari pertanyaan itu berawal dari sini..

Di mana-mana di seluruh dunia pada suatu tahap dalam keadaan kuno orang mulai mencukupi kebutuhan pangannya dari berburu dan mengumpulkan hasil alam. Seiring dengan berjalannya waktu serta dengan bertambahnya pegalaman dan kebutuhan, orang mulai beralih ke usaha bercocok tanam. Dengan usaha bercocok tanam ini keperluan akan bahan makanan dapat diperoleh sewaktu-waktu dari tempat yang letaknya dekat ke tempat bermukim, sedangkan sebagai akibatnya juga setiap hari selama cuaca mengizinkan, tersedia bahan makanan segar yang tidak perlu diawetkan.

Cerita mengenai manusia sebagian besar merupakan riwayat pergulatan untuk menaklukan lingkungannya. Efisiensi pengaturan dan penguasaan ini ditunjukan pula dengan tinggi dan rendahnya kebudayaan. Sebegitu jauh pengaturan lingkungan berarti pengaturan kehidupan tanaman. Kegagalan untuk memberikan taraf hidup yang tinggi untuk rakyat dinegara-negara yang sedang berkembang umumnya berhubungan dengan sistem produksi dan distribusi tanaman yang tidak efisien. Serupa halnya dengan masyarakat yang sudah maju sering sekali berhubungan dengan gangguan pada sistem dasar pemanfaatan sumber alam. Produksi tanaman, yaitu pengelolaan tanaman yang bermanfaat, merupakan soko guru kebudayaan kita. Adapun bidang ilmu yang mempelajari pertanian adalah ilmu agronomi yaitu ilmu yang mempelajari cara pengelolaan tanaman dan lingkungannya untuk memperoleh produksi maksimum.

Pada zaman ini bidang ilmu agronomi merupakan pilihan tepat, ini merupakan pilihan saya yang telah saya pikirkan matang-matang, karena berdasarkan realita yang ada bahwa di Indonesia sendiri peningkatan jumlah penduduk serta penyebaran yang tidak rata, menyebabkan penyediaan kebutuhan pangan dan papan untuk menjamin suatu kehidupan menjadi tidak layak.

Peningkatan jumlah penduduk menuntut adanya peningkatan penyediaan pangan dan kebutuhan pokok. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencapai peningkatan penyediaan pangan dan kebutuhan pokok, diantaranya :

  1. Kegiatan yang berorientasi pada perluasan areal panen dengan jalan membuka areal baru
  2. Melalui program peningkatan hasil persatuan luas
  3. Mencari kemungkinan sumber pangan baru.

Beberapa pemaparan diatas dapat diatasi dengan bidang ilmu agronomi. Dalam ilmu agronomi di perkenalkan beberapa teknik budidaya yang bisa meningkatkan hasil produksi secara maksimal, diantaranya :

  1. Pemuliaan Tanaman, berupa pemanfaatna teknik mutasi dan bioteknologi.
  2. Teknik Budidaya Tanaman, berupa persiapan tanam dan media tanam.
  3. Teknologi benih, Pemeliharaan dan penyimpanan beni yang baik
  4. Bioteknologi Tanaman, berupa perbanyakan tanaman non konvensional.

Dengan mempelajari bidang agonomi, bisa menjadikan generasi muda sebagai penerus pertanian yang handal dan dapat memperbaiki sistempertanian di Indonesia.

Referensi :

http://www.agrohort.ipb.ac.id

http://www.himagron.ipb.ac.id

http://www.ipb.ac.id

http://www.muridoke.com

posted under Academic | No Comments »